Dahniar Purnama

Seorang Guru SD yang terus berupaya belajar agar dapat menjadi pendidik yang baik. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Prasangka dan Kesombongan
Dok Pribadi

Prasangka dan Kesombongan

Prasangka dan Kesombongan

Setelah berkali kali latihan soal pembagian, tibalah waktu evaluasi. Kali ini saya sangat yakin mereka akan mendapat nilai bagus karena nilai latihan soalnya memuaskan. (Prasangka)

Saya menawarkan pada mereka untuk belajar terlebih dahulu sebelum ulangan. Mereka mengiyakan. Saya beri waktu 15 menit. Akan tetapi belum 5 menit mereka sudah gaduh. Sudah selesai baca katanya. (Kesombongan).

Baiklah. Mungkin mereka sudah sangat paham akan materinya, pikir saya. Soal pun saya bagi. Ajaibnya sebelum waktu mengerjakan selesai, mereka sudah gaduh lagi. Tandanya sudah selesai mengerjakan. Saya minta mereka meneliti lagi pekerjaannya. Mereka jawab sudah.

Jam KBM sudah usai, saya koreksi lembar jawab mereka. Alangkah terkejutnya saya, sebagian besar siswa mendapat nilai dibawah normal. Sungguh diluar prediksi. Bahkan ada beberapa siswa yang tidak menyelesaikan pekerjaannya. Sungguh gemas hati saya.

****

Ingat kata orang bijak jika dalam belajar ada dua hal yang perlu diingat. Buanglah prasangka dan kesombongan. Prasangka dan kesombongan dapat membuat mata hati kita tertutup dan akhirnya terjebak dalam kegelapan. Maka sebelum belajar, perbaikilah sikap kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaps bu Dahniar Purnama, se7

03 Jun
Balas

Makasih Bu

03 Jun

Sangat setuju Bu... Semakin berilmu maka kita harus semakin tawadhu,,, Salam Literasi

02 Jun
Balas

Inggih Bu. Salam literasi

03 Jun

berat Bu matematika prasangka kita mudah, kesombongan siswa gampang realita alamaaakkk

03 Jun
Balas

Prasangka guru siswa sudah paham, ternyata pas di evaluasi zonk Bu. Hehehe

03 Jun



search

New Post